Kamis, 14 Desember 2017

PC LINUX OS



Sejarah PCLINUXOS.
PCLinuxOS dimulai dari seperangkat RPM yang dibuat untuk meningkatkan versi-versi Linux Mandrake (sekarang Mandriva Linux). Paket-paket ini diciptakan oleh Bill Reynolds, packager (pembuat paket) yang lebih dikenal sebagai Texstar. Dari tahun 2000 hingga 2003, Texstar mengelola repositori dari paket RPM secara paralel dengan situs webPCLinuxOnline.

Pengertian PCLINUXOS.
PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.

Kelebihan PCLINUXOS.
Bentuk liveCD, dapat diinstall (draklive-install), ada PClinuxOS Control Center yang membawa kemudahan Mandrake, sederhana (hanya terdiri dari isolinux dan livecd.sqfs), dapat diremaster sesuai selera sehingga untuk install ulang tidak perlu dari awal, dan adanya fitur poorman install yaitu isi CD bisa dicopy ke flashdisk atau harddisk dan dijalankan dari sana. Disamping itu desktop KDE yang dibawanya membawa seabreg kemudahan. Juga saat install bootloader memberikan aneka pilihan, tidak hanya di MBR tetapi bootloadernya juga bisa diletakkan di tempat lain.

Kekurangan PCLINUXOS.
Karena tidak disertakannya aplikasi office suite. Hal di anggap wajar, karena keterbatasan media CD sehingga aplikasi office suite tidak disertakan. Toh sebuah tool berupa LibreOffice manager dipasang untuk memudahkan kita untuk menginstall aplikasi libreOffice setelah distro pclinuxos 2011 ini berada di harddisk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chrome os

Chrome OS Chrome OS adalah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang oleh Google Inc. untuk bekerja secara eksklusif dengan apli...